,

Mobil Listrik UII Siap Berlaga di Jepang

Mobil Listrik Tim Ulil Albab Student Center (UASC) Universitas Islam Indonesia (UII) siap berlaga pada ajang internasional Student Formula Japan (SFJ), pada 4-8 September 2018, di Ecopa Stadium, Shizuoka, Jepang. Keberangkatan tim dilepas secara langsung oleh Rektor UII, Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. di Gedung Rektorat UII, pada Kamis (30/8).

Student Formula Japan (SFJ) merupakan ajang kompetisi yang sudah dimulai sejak tahun 2003 sebagai kegiatan publik bagi para mahasiswa untuk menumbuhkan berbagai keterampilan yang terlibat dalam penciptaan objek. Selain sebagai pelatihan bagi mereka yang suatu hari nanti akan memainkan peran penting dalam masa depan industri otomotif.

Fathul Wahid menyampaikan rasa terima kasihnya atas dedikasi para mahasiswa yang akan berangkat untuk berpartisipasi dalam ajang lomba internasional di Jepang. “Atas nama universitas kami mengucapkan terimakasih yang luar biasa atas dedikasi adik-adik sekalian, dan kita mendoakan yang terbaik,” ujar Fathul Wahid.

Pesan khusus juga disampaikan Fathul Wahid kepada tim Mobil Listrik UII yang akan berangkat. “Saya berharap niatnya diluruskan, menang ataupun kalah itu urusan lain, karena wujud jawaban kepercayaan kami kepada adik-adik sekalian adalah kesungguhan, bukan kemenangan, karena kemenangan itu adalah bonus,” tuturnya.

Fathul Wahid menambahkan, dengan banyaknya dana yang diperoleh dari berbagai sponsor, hal ini merupakan kepercayaan yang sangat mahal, termasuk dana dari universitas. Kepercayaan tersebut menurutnya harus dijawab dan dibuktikan.

“Kepercayaan yang telah diberikan dapat dijawab dengan kerja keras, jujur, dan sungguh-sungguh, khususnya masalah keuangan. Karena keuangan merupakan sumber keberhasilan dan juga bisa menjadi sumber masalah yang besar apabila disalahgunakan,” ujar Fathul Wahid yang juga dosen Program Studi Teknik Informatika UII.

Sementara Hasyim Abdullah, mahasiswa Program Studi Teknik Elektro (2014) selaku Project Manajer Tim Mobil Listrik UII pada ajang lomba Student Formula Japan (SFJ) menyatakan jumlah peserta yang mengikuti ajang perlombaan ini mencapai 98 tim dari berbagai negara, termasuk enam di antaranya berasal dari Indonesia.

“Untuk peserta dari Indonesia ada lima tim, yaitu UII, ITS, UGM, UNY, UI dan UNS. Adapun jumlah anggota tim dari UII sebanyak 28 orang,” jelas Hasyim.

Selain itu, Hasyim Abdullah juga menyatakan bahwa persiapan timnya yang cukup matang untuk menghadapi lomba ini yang sudah dimulai sejak bulan Februari lalu.

“Pesiapan tim kami insya Allah sudah matang, walaupun dengan banyak cobaan di dalamnya. Kami full kerja hampir 24 jam di laboratorium, dan Alhamdulillah pihak kampus juga mengizinkan kami untuk menggunakan laboratorium tersebut selama 24 jam,” pungkas Hasyim.

Turut hadir pada pelepasan Tim Ulil Albab Student Center (UASC) Mobil Listrik UII Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik & Riset, Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan & Alumni, Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag., Dekan Fakultas Teknologi Industri, Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, M.T., dan Direktur Direktorat Pembinaan Bakat Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa, Beni Suranto, ST, M.Soft.Eng.