Maksimalkan Skor Tes CEPT, LEM FIAI UII Adakan Cilacs Day

Setiap universitas saat ini berlomba untuk meluluskan mahasiswanya dengan kualitas terbaik. Mahasiswa yang telah lulus dan membawa bekal kompetensi yang baik tentunya akan lebih mudah diterima di pasar global baik untuk keperluan bekerja maupun studi lanjut dalam maupun luar negeri.

Adanya persyaratan kelulusan mahasiswa dengan bukti kompetensi bahasa Inggris tertentu sudah lazim diterapkan di seluruh universitas dalam negeri. Merespon situasi tersebut sekaligus mempersiapkan diri sejak awal, maka LEM FIAI UII mengadakan program kegiatan “Cilacs Day” pada Sabtu (21/7) di Lantai 1 GKU Gedung dr. Sardjito UII. Kegiatan yang diikuti 100 orang peserta ini mendapat dukungan penuh dari Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) UII dan diisi oleh pemateri Cilacs UII.

Kegiatan mencakup seminar sehari tentang tes CEPT, yaitu mengupas 3 skill tes antara lain Listening, Structure dan Reading CEPT Cilacs UII. Peserta juga diberikan motivasi dan saran bagaimana menghadapi sebuah tes bahasa Inggris dengan baik. Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan tes resmi CEPT yang akan dilaksanakan Sabtu 28 Juli 2018 mendatang.

Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa LEM FIAI UII, Bayu Mogana Putra menyampaikan Cilacs day bertujuan mengatasi permasalahan mahasiswa dalam menghadapi tes bahasa Inggris untuk tujuan kelulusan. Lebih lanjut Bayu, demikian panggilan akrabnya menjelaskan bahwa program ini juga sekaligus menjalankan fungsi SDM-LEM FIAI yaitu dalam menggali potensi kemampuan mahasiswa.

Selanjutnya, Bayu, yang merupakan mahasiswa semester 6 prodi Ahkawal Syakhshiyyah (Hukum Islam) menyampaikan harapannya, agar ke depan program ini terus dilanjutkan karena dapat mewadahi kebutuhan mahasiswa yang sedang mempersiapkan kelulusannya. Ia juga optimis kegiatan Cilacs Day ini dapat berdampak positif yaitu meningkatnya skor bahasa Inggris sehingga mampu mencapai atau melebihi skor yang telah disyaratkan oleh universitas. (Ank)