Mahasiswa UII Juara Debat Nasional di Universitas Negeri Makasar

Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menorehkan prestasinya di kancah nasional. Prestasi tersebut diraih Alamsyah Nurahmad Putra (2014), Nanang Ardyansa (2014), dan Yuniar Riza Hakiki (2014) serta pembimbing Allan Gathan S.H.,M.H. yang tergabung dalam Tim Debat Forum Kajiah Penulisan dan Hukum (FKPH) FH UII. Tiga mahasiswa Fakultas Hukum UII tersebut sukses meraih Juara I Debat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Makassar.

Debat tersebut dilaksanakan pada Kamis – Sabtu, 3 – 5 Mei 2018 di Universitas Negeri Makassar oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Administarsi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dalam rangkaian public Expo. Sedangkan hadiah diserahkan pada malam puncak pada tanggal 6 Mei 2018.

Lomba debat ini diawali dengan seleksi esai untuk merebutkan 8 tim yang lolos di babak penyisihan. Universitas yang lolos 8 besar diantaranya adalah Universitas Airlangga, Universitas Sriwijaya, Universitas Brawijaya, Universitas Hassanudin, Universitas Sam Ratulangi, dll. Untuk sampai menjadi juara I, UII harus mengalahkan universitas unggulan seperti Universitas Airlangga di babak semifinal dan Universitas Sriwijaya di babak grandfinal.

Salah satu anggota tim, Nanang Ardyansa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dari segi moril dan non moril. “Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami, di sisi lain perlombaan ini menjadi ajang untuk mengatahui kualitas ilmu yang telah didapat. Karena sejatinya ilmu tanpa penerapan tidak ada gunanya, semoga gagasan saat lomba dapat dipergunakan untuk hukum dan politik yang lebih maju”, tuturnya.

Lebih lanjut Yuniar Riza Hakiki, berharap kemenangan ini dapat memberikam motovasi untuk menjadi lebih baik. “Alhamdulillah semoga apa yang diraih dapat memotivasi teman-teman khususnya adik tingkat agar terus mengukir prestasi,” paparnya.

Sementara Alamsyah Nurahmad Putra menyampaikan rasa syukur kepada Allah atas keberhasilannya. “Sebagai ketua tim sangat senang sekali dapat mempersembahkan piala juara I dan dapat mengharumkan nama UII, khusunya Fakultas Hukum. Kami meyakini usaha tidak akan mengkhianati hasil, nikmati semua proses InsyaAllah kesuksesan menanti di depan mata ”, pungkasnya. (ESP/KDJ)