HAWASI UII Ajak Mahasiswa Hafalkan Al-Qur’an

Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Berbagai kegiatan diselenggarakan di Universitas Islam Indonesia (UII) untuk menyambut bulan suci tersebut. Dalam hal ini, Hafizh-Hafizhah Mahasiswa UII (HAWASI) turut menyambutnya dengan menyelenggarakan Dauroh Quran pada 11-13 Mei, di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu UII.

Mengambil tema “Memetik Rindu Ramadhan bersama Al-Quran”, Dauroh Quran ini adalah kegiatan pelatihan menghafal Al-Quran yang dilaksanakan secara intensif selama tiga hari dari Jumat (11/5) hingga Ahad (13/5). Pada kegiatan ini, 26 peserta yang telah mendaftar dikarantina untuk menghafalkan Al-Quran. Keseluruhan peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok yang dibimbing seorang pemandu. Para peserta berkewajiban untuk menyetorkan hafalannya kepada pemandu tersebut.

Disampaikan Syahmirwan selaku ketua panitia, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan mahasiswa terhadap Al-Quran, sekaligus wadah persiapan agar dapat memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan dengan kegiatan membaca dan menghafal Al-Quran.

“Kita menyelenggarakan Dauroh supaya para peserta kegiatan mengetahui bagaimana proses menghafal Al-Quran itu. Menghafal itu butuh persiapan dan persiapan itu ada di dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Ditambahkan pula oleh Syahmirwan, peserta juga dibekali materi dan motivasi yang berkaitan dengan menghafal Al-Quran. Sebelum Dauroh dilaksanakan, pada hari pertama diselenggarakan terlebih dahulu pelatihan menghafal Al-Quran metode Tikrar yang bekerjasama dengan lembaga Syaamil Quran. Pada malam harinya, diselenggarakan kajian bertemakan “Mengenal Al-Quran Lebih Dekat” bersama Ustadz. Abu Umair S.Pd.

Masih bersama Ustadz Abu Umair, pada hari kedua diselenggarakan kajian bertemakan “Fadhilah Berinteraksi Dengan Al-Quran” yang mengupas keutamaan dari Al-Quran bagi para pembacanya. Pada hari yang sama, turut diselenggarakan juga kajian bertemakan “Adab Terhadap Al-Quran” bersama Ustadz Sulaiman Rasyid S.T. yang membahas terkait tuntunan serta etika dalam berinteraksi dengan Al-Quran.

Setelah melaksanakan dauroh, para peserta juga dibekali materi dan motivasi untuk senantiasa konsisten terhadap capaiannya. Pada hari terakhir, bersamaan dengan Grand Opening Safari Iman Ramadhan 1439 juga diselenggarakan talkshow inspiratif bersama para Qori Nasional. Mereka antara lain Muhammad Ridwanullah, Istihsan Arif Al-Fudaily dan Aziz Al-Ma’arif. Sedangkan yang terakhir ditutup dengan kajian bertemakan “Konsistensi Menjadi Penghafal Al-Quran” bersama Ustadz Aziz Al-Ma’arif.

Selain itu, Syahmirwan juga sangat berharap kegiatan ini dapat menghasilkan bibit-bibit penghafal Al-Quran di UII. “Harapannya besar. Dengan kegiatan yang berlangsung singkat selama 3 hari ini, semoga bisa menciptakan bibit-bibit penghafal Alquran. Yang dengan hal itu, mereka dapat konsisten menyelesaikan hafalan qurannya,” ujar mahasiswa FIAI tersebut. (MIH/ESP)