,

Ramaikan Milad, UII Gelar Festival Hadrah Nusantara 3

Dalam rangka Milad Ke-75, Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menggelar kegiatan Festival Hadrah Nusantara Tingkat DI. Yogyakarta dan Jawa Tengah, bertempat di Auditorium Prof. Abdul Kahar Mudzakkir, Kamis (11/5). Festival yang telah diselenggarakan untuk ke tiga kalinya tersebut merupakan wujud UII dalam melestarikan seni budaya yang telah mengakar pada masyarakat Indonesia.

Disampaikan Ketua Milad ke-75 UII, Nanang Nuryanta M.Pd. bahwa pada Festival Hadrah ini terdapat 20 finalis yang sebelumnya telah melalui proses seleksi. Ia juga berharap bahwa festival ini dapat menjadi wujud dari dakwah Islamiyah. “Semoga kompetisi ini bisa menghadirkan dan menghasilkan juara yang bukan hanya di forum ini tapi juga di forum lain, sekaligus ebagai media Dakwah Islamiyah,” ujarnya.

Adapun tim hadrah yang mengikuti festival ini berasal dari beberapa daerah dalam lingkup wilayah DIY-Jawa Tengah, yaitu antara lain Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, juga Kabupaten Klaten, Kota Semarang, Kabupaten Kendal, serta Kabupaten Wonosobo. Keseluruhannya akan merebut total hadiah sebesar Rp.17.500.000 dan piala bergilir yang mulai akan diberlakukan pada festival tahun ini.

Selain itu, mewakili Rektor UII, turut hadir Ir. Agus Taufiq M.Sc selaku Wakil Rektor III yang berkesempatan menyampaikan sambutannya. Ia berharap pada milad UII ini, UII semakin menunjukan reputasinya baik di kancah nasional maupun internasional.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada para peserta, inilah UII. Yg di dalam usia 75, sudah menghasilkan 90.000 lebih alumni dan sudah tersebar di seluruh Nusantara bahkan di beberapa belahan dunia. Alhamdulillah pada usia yg sekarang ini banyak prestasi yg diraih oleh UII baik di bidang penelitian, pengabdian masyarakat, juga banyak tenaga pendidik yang menorehkan prestasi,” ujarnya.

Di akhir kegiatan, sebagai hasil ketetapan dewan juri, tim hadrah Yadal Fata Putra yang berasal dari Sleman berhasil membawa pulang hadiah sebesar Rp. 6.000.000 sebagai juara pertama, disusul oleh tim hadrah Ashabul Jannah dari Purworejo yang membawa pulang hadiah Rp.4.000.000 sebagai juara dua, serta tim hadrah Amma Ba’du dari Sleman sebagai juara ketiga, dengan membawa pulang hadiah Rp.3000.000.

Sedangkan pada posisi harapan, secara berurutan, juara diraih oleh tim hadrah Shollu Alan Nabi dari Semarang, Yadal Fata Putri dari Sleman, serta Muhammad Nabina dari Semarang. Pada festival ini, dewan juri juga menetapkan tim hadrah Shollu Alan Nabi dari Semarang sebagai tim dengan aransemen terbaik, serta tim hadrah Syauqul Mujtaba sebagai tim dengan vokal terbaik. (MIH/RS)