,

Milad ke-74: UII Ingin Terus Berkarya Membangun Bumi Pertiwi

Semakin kompleksnya tantangan yang dihadapi bangsa menuntut semua elemen untuk bersatu dalam mengatasinya. Tantangan di berbagai bidang itu tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga institusi pendidikan tinggi. Salah satu tantangan yang dinilai cukup berat adalah bagaimana menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap lingkungan, khususnya bumi pertiwi Indonesia yang kaya akan keragaman budaya dan keindahan alam.

Perguruan tinggi memiliki peran edukatif untuk terus mengajak dan memberi pemahaman setiap generasi muda akan pentingnya hal ini. Masih kurangnya tingkat kesadaran masyarakat dalam memahami kelestarian lingkungan alam juga menjadi tantangan bagi perguruan tinggi ke depan.

Hal ini sebagaimana terefleksi dalam acara pembukaan milad Universitas Islam Indonesia (UII) ke-74 yang berlangsung di Auditorium Kahar Muzakkir, kampus terpadu UII pada Jum’at (24/3). UII kembali akan menggelar berbagai kegiatan guna menyambut Milad ke-74. Milad UII kali ini mengangkat tema “UII Membangun Bumi Pertiwi”.

Rektor UII, Nandang Sutrisno, S.H., LL.M., M.Hum., Ph.D menyampaikan pemilihan tema milad sangat relevan dengan upaya yang terus digalakkan di UII dengan visi UII sebagai rahmatan lil’alamiin.

“UII meyakini bahwa untuk melahirkan generasi yang cinta terhadap bangsa dapat melalui pendidikan yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan agama. Jadi harus komprehensif antara pemikiran, ilmu agama, pengembangan diri, dan moral”, ujarnya.

Rektor juga menggarisbawahi bahwa memasuki usianya yang ke-74 hendaknya menjadi pemantik bagi UII untuk semakin berbenah dan mengakselerasi perkembangannya. Salah satu akselerasi yang diupayakan adalah dengan mendorong pencapaian akreditasi internasional oleh program studi (prodi) unggulan di lingkungan UII.

Sementara Ketua Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII, Dr. Ir. Luthfi Hasan, MS mengatakan diraihnya akreditasi internasional akan semakin meyakinkan stakeholder bahwa proses pendidikan UII tidak sekedar baik namun juga unggul di level nasional. Hal ini karena lembaga internasional pun memberikan kepercayaan melalui sertifikat akreditasi kepada UII.

Dua Program Studi UII Raih Akreditasi Internasional

Pada kesempatan yang sama, juga dilangsungkan acara penyerahan sertifikat akreditasi internasional kepada dua program studi UII. Adapun prodi yang berhasil meraih akreditasi tersebut yakni Prodi Teknik Arsitektur dan Prodi Akuntasi UII. Prodi Teknik Arsitektur berhasil meraih sertifikat akreditasi internasional dari Korea Architecture Accrediting Board (KAAB). Sementara Prodi Akuntansi mendapatkan akreditasi dari the Association of Chartered Certified Accountants (ACCA).

Prof. Jaepil Choi selaku Director Overseas KAAB dalam sambutan penyerahan akreditasi mengatakan bahwa dirinya cukup kagum dengan dedikasi dan komitmen sivitas akademika Arsitektur UII dalam menjalankan proses pendidikan. “Meskipun tergolong cukup muda dalam menjalankan pendidikan Arsitektur, namun departemen ini telah mampu mengikuti standar internasional yang ditetapkan oleh KAAB”, ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini Arsitektur UII menjadi prodi S-1 Arsitektur pertama di Indonesia yang berhasil meraih sertifikat akreditasi internasional KAAB. Ini berarti para lulusan Prodi Arsitektur UII memiliki kesempatan yang lebih luas untuk diakui kompetensinya ketika bekerja di berbagai negara.

Sedangkan Conny Siahaan selaku Country Head of ACCA Indonesia menjelaskan berdasarkan penilaian lembaga ACCA, Prodi Akuntansi UII memiliki kesesuaian kurikulum dengan standar kompetensi profesi akuntan yang ditetapkan ACCA sendiri saat ini mempunyai kantor pusat di London, Inggris. Dengan raihan akreditasi ini, mahasiswa Prodi Akuntansi UII akan memperoleh kemudahan dalam mendapatkan sertifikasi profesi internasional.

“Saat ini di Indonesia terdapat 17.600 akuntan profesional yang terdaftar di asosiasi profesi dan 1.500 akuntan publik. Sementara kebutuhan profesi akuntan di level nasional diperkirakan mencapai 425.000 orang”, ungkapnya. Oleh karena itu, ACCA sangat menyambut baik upaya Prodi Akuntansi UII yang telah berhasil melewati standar akreditasi ACCA.

Save

Save