,

Mahasiswa UII Raih Nilai Tertinggi Seleksi Pilmapres di Yogyakarta

Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Indonesia (UII), Rafik Prabowo berhasil mendapatkan nilai skor tertinggi pada seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2018 tingkat Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Proses seleksi diadakan pada Kamis (5/4), bertempat di Kantor Kopertis Wilayah V DIY, Jl. Tentara Pelajar No.13, Jetis, Yogyakarta.

Pada ajang Pilmapres 2018 yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi memberikan kesempatan bagi Perguruan Tinggi yang sudah terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI) untuk turut serta mengirimkan Mahasiswa Berprestasi.

Dari masing-masing instansi tersebut selanjutnya akan dilakukan tahap seleksi di tingkat Kopertis Wilayah lalu dilanjutkan pada tahap seleksi Nasional. Kopertis Wilayah V DIY mendapatkan kuota sebanyak 6 Mahasiswa untuk bisa mengikuti seleksi tahap Nasional.

Pada seleksi tingkat Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Rafik Prabowo mendapatkan Nilai Final 98.82, yang terdiri dari Nilai Kemampuan sebesar 40.00, Nilai Karya Tulis Ilmiah dan Presentasi 35.00, Nilai Bahasa Inggris sebesar 23.82 dan ditambah dengan nilai Indeks Kumulatif sebesar 3.55.

Dengan tercapainya nilai tersebut, menghantarkan Rafik Prabowo menjadi salah satu wakil dari Kopertis Wilayah V bersama lima orang lainnya yang juga berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Yogyakarta.

Rafik Prabowo menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan sebelum menjalani seleksi pada tingkat Kopertis Wilayah. Pada proses seleksi Pilmapres tahun 2018 ini diawali dengan proses seleksi tahap fakultas lalu melakukan seleksi tingkat Perguruan Tinggi.

“Kandidat yang sudah terpilih mewakili Perguruan Tinggi, akan mengikuti seleksi lagi pada tingkat Kopertis Wilayah V DIY dengan membuat sebuah Karya Tulis Ilmiah yang harus dipresentasikan dan dinilai oleh tim juri dari Dikti. Terakhir adalah menjalani Tes kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris,” jelas Rafik Prabowo.

Rafik Prabowo menambahkan, penyerahan penghargaan dan hadiah secara resmi kepada 6 mahasiswa dengan skor teratas dari Kopertis Wilayah V Yogyakarta akan dilakukan pada tanggal 25 April mendatang, sekaligus merupakan pengiriman secara resmi para mahasiswa yang menjadi wakil wilayah untuk melakukan seleksi terakhir di tahap Nasional. (RRA/RS)