Mahasiswa Belajar Analisis Data Media Sosial Twitter

Saat ini hampir segala informasi tersedia secara daring. Orang-orang dapat dengan mudah mengekspresikan opini-opini mereka pada berbagai topik di laman media sosial. Twitter menjadi salah satu perangkat komunikasi paling popular di kalangan pengguna internet. Opini-opini tersebut berupa data tekstual yang menyimpan informasi tertentu. Agar dapat dimanfaatkan, dibutuhkan suatu proses untuk mengekstrak informasi tersebut. Inilah yang dikenal dengan text mining.

Text mining adalah sebuah teknik untuk mengekstraksi informasi yang berguna dari data teks yang tidak terstruktur. Lewat riset komputasional, pengguna yang memahami text mining dapat mengetahui opini sentiment dan emosi yang diekspresikan pengguna secara tekstual. Hal ini penting dipelajari para mahasiswa yang ingin bergelut di bidang tersebut.

Inilah yang kemudian mendorong Ikatan Keluarga Statistika (IKS FMIPA UII) Program Studi Statistika Universitas Islam Indonesia menggelar Workshop bertajuk “Twitter Sentiment Analysis Using R. Workshop. Workshop tersebut berlangsung pada hari Minggu (8/4) di Laboratorium Statistika FMIPA UII. Pembicara yang hadir adalah Hafizhan Aliady (Mahasiswa Konsentrasi Studi Data Science Prodi Statistika Fakultas MIPA UII).

Workshop dibagi ke dalam 2 rangkaian sesi. Sesi pertama membahas mengenai Scrapping data di Twitter, kemudian sesi kedua membahas mengenai Analisis sentiment di Twitter. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan bahwa analisis sentiment digunakan untuk mengetahui pandangan orang pada media sosial terhadap suatu brand, tokoh, maupun isu yang sedang berkembang.

“Harapannya dengan diselenggarakannya Workshop ini, kita sebagai seorang Data Science dapat mengerti dan berusaha agar tidak tertinggal dengan perkembangan zaman. Kita bisa mengaplikasikan ilmu yang telah di dapat selama kuliah dengan mengikuti trend yang ada”, ungkap Listari selaku ketua Panitia Pelaksana. (MWA/ESP)