Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor Tertarik Jalin Kerjasama dengan UII

UII terus memperluas koneksinya dengan berbagai universitas ternama di kawasan Asia Tenggara. Salah satu mitra yang cukup intens menjalin kerjasama dengan UII adalah beberapa perguruan tinggi yang ada di Malaysia. Hal ini nampak dalam kunjungan delegasi Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor (KUIS) ke kampus terpadu UII pada Rabu (4/4). Kunjungan KUIS diterima langsung oleh Wakil Rektor III UII, Ir. Agus Taufiq, M.Sc di Ruang Erasmus, Gedung GBPH Prabuningrat Rektorat UII.

Wakil Rektor III UII dalam sambutannya mengatakan sinergi dan kerjasama di antara universitas saat ini sangatlah penting, tidak hanya di level nasional, namun yang lebih penting di antara sesama universitas di kawasan Asia Tenggara. “Hal ini mengingat tantangan yang kita hadapi kian hari semakin berat. Di antaranya kualitas sistem pendidikan tinggi yang dituntut selalu meningkat setiap tahunnya”, ungkapnya.

Di samping itu, Agus Taufiq juga menyampaikan sekelumit tentang sejarah UII sebagai kampus swasta nasional pertama di Indonesia. “UII memiliki keunikan yang salah satunya terletak pada empat kewajiban utama universitas atau catur dharma. Di samping pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, UII juga mengemban misi dakwah Islamiyah”, tukasnya.

Menurut Agus Taufiq, UII sangat terbuka dalam menjalin kerjasama dengan berbagai universitas. Kerjasama tersebut diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman yang diikuti dengan nota aksi.

Sementara itu, Prof. Madya Dr. Mariam Abd Majid selaku Dekan Fakulti Pengajian Peradaban Islam juga mengamini pernyataan Agus Taufiq. Menurutnya, di KUIS juga terdapat kewajiban bagi sivitas akademika untuk menjalankan dakwah.

“Kami biasa mengirim para mahasiswa ke kampung-kampung untuk membantu pengajaran Islam, utamanya di kawasan yang dihuni oleh kaum pribumi dan masih minim akan hal itu. Dakwah memang banyak tantangannya sebagaimana Bapak sampaikan”, terangnya.

Pihaknya sangat tertarik menjalin kerjasama di bidang kolaborasi penelitian dengan UII. Menurutnya, UII memiliki variasi penelitian yang lengkap dan mendalam. Ia ingin agar para mahasiswa KUIS dapat terlibat dalam penelitian bersama dosen dan mahasiswa UII.

Sedangkan Kepala Divisi Kerja Sama UII, Sigit Pamungkas, SE, M.Com memaparkan bagaimana tahapan memulai kerjasama dan memayunginya dalam bentuk nota kesepahaman. “Di kawasan Asia Tenggara, para mitra kami di Malaysia adalah yang teraktif dalam melakukan berbagai kerjasama dengan UII”, ungkapnya memuji.