Mahasiswa Baru Program Pascasarjana FIAI UII Mendapat Orientasi Akademik

Magister Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (MIAI FIAI UII) menyelenggarakan orientasi akademik mahasiswa baru program pascasarjana semester genap tahun ajaran 2017/2018. Acara yang berlangsung di Gedung pascasarjana FIAI UII Demangan pada hari Sabtu (10/3) diikuti 73 orang mahasiswa dari konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam dan Hukum Islam.

Orientasi mahasiswa baru itu sendiri merupakan rangkaian akhir dari proses penerimaan mahasiswa baru MIAI FIAI UII semester genap 2017/2018. Tujuannya untuk memperkenalkan hak, kewajiban, dan fasilitas-fasilitas yang akan dinikmati oleh mahasiswa serta terkait penyelesaian studi dengan waktu yang sudah ditetapkan.
Pada awal acara, Pimpinan Program Pascasarjana MIAI FIAI UII Dr. Hujair AH Sanaky, MSI dan sekretaris Program Pascasarjana MIAI FIAI UII Dr. Yusdani, M.Ag memberikan sambutan dan memperkenalkan seluruh staff kepada seluruh mahasiswa baru MIAI FIAI UII.

Dilanjutkan oleh Anwan Santoso, S.Ag dan Joko Wahyudi, S.Pd.I sebagai Kaur Akademik dan Staff Akademik di MIAI memaparkan urusan akademik dan hal-hal penting yang nantinya harus dilakukan oleh mahasiswa baru. Diharapkan mahasiswa baru tidak menemui kesulitan terhadap regulasi yang berkaitan dengan akademik.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Yusdani, M.Ag menjelaskan MIAI FIAI UII terus berupaya dalam meningkatkan kualitas kurikulum dan melaksanakan tanggung jawab kepada mahasiswanya. Di antaranya penyelesaian proses studi tepat waktu dan merevisi kurikulum menjadi kurikulum baru yang berbasis KKNI.

Kurikulum berbasis KKNI diharapkan akan meningkatkan keaktifan dosen dan mahasiswa dalam menjalani proses akademik. MIAI FIAI UII juga turut memfasilitasi mahasiswanya di bidang penelitan kolaboratif bersama dosen, pemberian insentif kepada mahasiswa yang menulis di media, dan memfasilitasi kegiatan kampus yang dapat menunjang kesuksesan program belajar mahasiswa. ”Pascasarjana punya tanggung jawab untuk bagaimana mahasiswa itu selesai semua bahkan selesai kalau bisa tepat waktu atau masih dalam batas-batas normal” ujarnya.

Dalam mewujudkan catur dharma UII, Dr. Yusdani, M.Ag menjelaskan MIAI FIAI UII turut merancang desa binaan di sekitar kampus, menerbitkan jurnal di program S2 maupun S3, dan pembuatan format artikel pada tesis yang siap dipublikasikan. “Ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab untuk menyebarluaskan temuan-temuan penting baik dari tesis maupun disertasi” ungkapnya. (AR/ESP).