STIE SBI Yogyakarta and UWP Surabaya Studi Banding ke UII

Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menerima kunjungan dari perguruan tinggi lain. Pada Kamis (15/02) bertempat di Gedung Kuliah Umum (GKU) Dr. Sardjito UII, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Solusi Bisnis Indonesia (STIE SBI) Yogyakarta dan Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya mengunjungi UII. Mereka berkunjung dalam rangka studi banding, khususnya di bidang penjaminan mutu, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Delegasi UWP dipimpin oleh Dr. Nugroho Mardi Wibowo, SE., M.Si selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM). Sedangkan delegasi STIE SBI dipimpin Alief Indita Agustiyani, SE., MM., selaku Ketua STIE SBI. Mereka diterima oleh Wakil Rektor III UII, Ir. Agus Taufiq, M.Sc., didampingi oleh Kariyam, S.Si., M.Si., Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) UII dan Feris Firdaus, S.Si., M.Sc., Koordinator Penelitian Eksternal dan Pengembangan UII.

Agus Taufiq dalam pemaparannya menjelaskan, UII saat ini telah menjalin kerjasama dengan 148 lembaga, baik itu perguruan tinggi, industri, maupun institusi lainnya, dalam dan luar negeri. “Itu semua kami lakukan sebagai upaya agar UII dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat”, ujarnya. Agus juga memaparkan beberapa prestasi yang diraih oleh UII baik di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu disampaikan Nugroho Mardi, pertimbangan melakukan studi banding ke UII karena UWP ingin meningkatkan perannya terutama untuk bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Hal senada disampaikan oleh Alief Indita, kunjungan yang dilakukan agar dapat banyak belajar dari UII. “Harapannya dengan studi banding ini bisa memberikan banyak manfaat”, imbuh Indita.

Dalam kesempatan tersebut, Kariyam turut menyampaikan tentang bagaimana sistem penjaminan mutu yang ada di UII, mengacu pada Permenristekdikti No. 62 tahun 2016. Kemudian apa yang dilakukan juga tidak terlepas dari PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan).

Usai sesi diskusi, rombongan delegasi diajak berkunjung ke museum UII dan Candi Kimpulan yang terdapat di Gedung Moh. Hatta, Perpustakaan UII. Rombongan delegasi terlihat antusias mengikuti tour tersebut, terutama saat sesi penjelasan ditemukannya patung ganesha yang saat ini menjadi simbol ITB serta bentuk bunga teratai yang identik dengan logo UGM di lokasi candi. (MDP/ESP)