,

UII Selenggarakan Seleksi Mahasiswa Baru di 24 Kota

Universitas Islam Indonesia (UII) siap menggelar seleksi mahasiswa baru Tahun Akademik 2018/2019 di 24 kota di Indonesia melalui pola seleksi Computer Based Test (CBT) untuk jenjang Sarjana dan Diploma.  Secara serentak seleksi melalui pola tersebut akan mulai diselenggarakan pada 23 Januari 2018 mendatang di Sekolah Menengah Atas (SMA) mitra UII yang ditunjuk. Diharapkan dengan lokasi seleksi yang tersebar di berbagai wilayah akan memudahkan para pendaftar yang berminat melanjutkan studi di UII.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH., LLM., MHum., PhD. saat berdiskusi dengan Kepala Sekolah dan perwakilan 24 SMA/sederajat mitra UII, di Kampus UII, Jumat (12/1). Seleksi CBT sendiri tahun ini sudah mulai dilaksanakan pada Selasa (9/1) untuk lokasi seleksi di Kampus UII. Ia berharap melalui pola seleksi yang dilakukan, para pendaftar UII bisa memperoleh kemudahan dalam melakukan tes penerimaan mahasiswa baru, selain juga dapat meningkatkan eksistensi UII untuk berkontribusi bagi negeri ini.

Nandang Sutrisno menuturkan, sebagai pioner penyelenggara pola seleksi CBT di Indonesia, UII berterimakasih kepada para mitra yang selama ini telah mendukung dan turut mensukseskan sistem seleksi tersebut, sehingga sampai saat ini tetap berjalan dengan baik. “Tentu kami juga berharap agar kerjasama ini bisa terus berjalan dengan baik untuk waktu yang lama,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan membuka lokasi seleksi mahasiswa baru pola CBT di berbagai wilayah juga diharapkan UII dapat menjaring siswa-siswi terbaik. Menurut Nandang Sutrisno selama ini sering kali mutiara yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air belum dapat terpantau oleh UII dengan maksimal.

Di hadapan para Kepala Sekolah, Nandang Sutrisno mengatakan bahwa mayoritas Program Studi di UII saat ini telah terakreditasi A, bahkan beberapa di antaranya telah terakreditasi Internasional. Diungkapkan Nandang Sutrisno, akreditasi internasional merupakan hal penting sesuai dengan visi UII yaitu rahmatan lilalamin. “Kebaikan UII diharapkan dapat dirasakan secara global,” ujarnya.

Sementara Wakil Rektor III UII, Ir. Agus Taufiq, M.Sc. berharap kerjasama yang terjalin melalui proram CBT dengan SMA mitra UII dapat terus terjalin dengan baik. Ia menuturkan, UII tidak akan segan-segan menindak tegas pelaku kecurangan proses seleksi mahasiswa baru UII seperti dengan menggunakan joki saat ujian. “UII akan menyerahkan pelaku kecurangan ke pihak yang berwajib, begitu juga akan memberi sangsi tegas bagi sivitas akademika UII yang terlibat,” ujarnya.

Berkenaan dengan pola seleksi, seperti dijelaskan Arief Rahman, SE., M.Com., Ph.D. selaku Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru UII, selain CBT para pendaftar juga dapat menggunakan pola seleksi lainnya yaitu Paper Based Test (PBT), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA). Ia menuturkan, terdapat 4 kategori pada pola seleksi PSB yakni kategori Siswa Berprestasi Bidang Akademik, kategori Siswa Berprestasi Bidang Olahraga dan Seni, kategori Beasiswa Duafa serta Kategori Prioritas Daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T).