Revitalisasi Website UII Jadi Salah Satu Prioritas
Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin cepat dan dinamis perlu disadari oleh institusi pendidikan. UII merespon hal tersebut dengan terus melakukan koordinasi yang dibentuk dalam forum “Workshop Finalisasi Review Website Unit di Lingkungan UII”. Acara ini dipimpin oleh Wakil Rektor I UII, Dr.-Ing. Ilya Fadjar Maharika, MA, IAI dan dibuka oleh Wakil Rektor II UII, Dr. Drs. Nur Feriyanto, M.Si. Peserta meliputi tenaga kependidikan UII dan para pengelola website di lingkungan UII. Workshop bertempat di GKU Prof. Dr. Sardjito, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) pada hari Rabu (27/12).
“Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, UII tidak bisa menafikkan pentingnya keberadaan website dan pentingnya pengelolaan yang baik terhadap website yang kita miliki. Mengingat persaingan yang kita hadapi bukan hanya pada tataran lokal namun mencapai tataran global.” Ujar Nur Feriyanto dalam pembukaan sambutannya.
Workshop ini sendiri merupakan tindak lanjut atas Workshop Revitalisasi Website UII seminggu sebelumnya. Kemampuan adaptasi institusi pendidikan khususunya UII dalam menghadapi perkembangan teknologi dan informasi masih menjadi topik penting untuk dibahas. Persaingan eksternal akan semakin tinggi dengan tuntutan permintaan pasar dan konsumen untuk melihat website sebagai wajah pertama.
“Sehingga acara ini menjadi begitu relevan untuk melihat review finalisasi website yang sudah digalakkan di tingkat universitas, fakultas, prodi maupun badan/unit. Pemahaman yang baik akan pengetahuan pengelolaan website begitu penting bagi pengelola website di lingkungan UII.” Ujar Nur Feriyanto di akhir sambutannya.
Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Rektor I Dr.-Ing. Ilya Fadjar Maharika, MA, IAI tentang pentingnya menjaga eksistensi website UII dan pengembangannya. Selain itu ia juga menyampaikan raihan UII pada peringkat 11 nasional di UniRank dan keselarasan atas kerja keras seluruh elemen dalam capaian peringkat tersebut.
“Kita analogikan seperti fenomena saat ini yang sedang terjadi, contoh mall konvensional perlahan mulai meredup dan hadir mall.com sebagai alternatifnya. Namun dalam hal cyber seperti mall.com juga mempunyai hal nyata seperti gudang, pengiriman, sumber daya, dsb”, tambahnya.
Sama halnya seperti Website UII, website sebagai elemen cybernya tidak terlepas dari hal nyata yang ada didalamnya seperti infrastruktur, sumber daya, mahasiswa dsb. Sehingga jika UniRank menilai UII dari website maka juga menilai keseleruhan dari apa yang dimiliki UII.
Universitas pada umumnya akan berusaha menonjolkan suatu ciri khas sebagai branding, begitupun bagi UII. Landscape menjadi ciri khas yang bisa dikembangkan tidak hanya di dunia nyata namun juga di cyber yakni melalui website UII. Tujuan saat ini menjadikan website sebagai representasi apa yang universitas miliki. (BKP)