UII Raih 2 Juara di Fesbadin UIN Jakarta

Kontingen Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih Juara 1 Debat Bahasa Inggris se-Asia Tenggara di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Even bertajuk Festival Budaya dan Peradaban Islam Asia Tenggara (Fesbadin) 2017 tersebut diadakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta, 23 Oktober-08 November 2017.

Tim Debat Inggris UII terdiri dari Nurdiana Nisaa Filanti (FIAI, Ekonomi Islam, 2015), Agit Pratama (FTI, Teknik Kimia, 2015), dan Melisa Akma Sari (FTSP, Arsitektur, 2015). Di samping itu, UII juga memenangi Juara 1 Pidato Bahasa Arab yang diraih oleh Saiful Aziz (FIAI, IP Ahwal Syakhshiyah, 2014).

Bagi Agit Pratama, lomba debat adalah kompetisi yang menarik karena peserta tidak dipaksa untuk menang. “Berangkat dari kekalahan kita bisa belajar membuka pikiran, berpikir kritis, dan menambah pengetahuan,” ujar mahasiswa kelahiran Dabo Singkep, Lingga, Kepulauan Riau tersebut. Kekalahan tidak untuk diratapi, terangnya, namun menjadi cambuk untuk semakin sering belajar dan mengerti kelemahan masing-masing. Inilah yang kemudian menjadi modal untuk meraih kemenangan di kompetisi berikutnya.

Agit berharap dengan adanya kompetisi debat tersebut para peserta lebih tertarik dengan (teknik) debat yang baik dan belajar berpikir kritis. “Serta membuka pikiran dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lingkungan,” tutur alumnus SMAN 1 Singkep tersebut. (Samsul/SA)