Tour de Medica Perkenalkan Siswa SMA Tentang Dunia Mahasiswa Kedokteran

Belajar sebagai mahasiswa di fakultas kedokteran merupakan keinginan banyak orang. Namun tidak banyak kalangan yang mengetahui dinamika sebagai mahasiswa kedokteran. Dasar inilah yang membuat Fakultas Kedokteran (FK) UII mengundang siswa SMA untuk mengenal kehidupan sebagai mahasiswa kedokteran. Lewat acara Medical Expo 2017, FK UII memberikan informasi tentang hal tersebut. Acara ini diadakan pada Sabtu (15/10) di Kampus Terpadu UII. Sebanyak 262 siswa SMA hadir dalam acara itu.

Dosen UII, dr. Betty Ekawati, SIPKK mengatakan Medical Expo 2017 tahun ini sudah memasuki tahun yang ke-4 sehingga mengalami peningkatan dalam berbagai aspek. Berbagai rangkaian acara memenuhi agenda kegiatan selama expo, mulai dari Talkshow, Tour de Medica sampai Food Festival.

“Tema kesehatan kulit remaja kami angkat karena dilatarbelakangi kecenderungan remaja yang tren memakai alat kecantikan. Pengetahuan yang disalurkan akan menstimulus para siswa SMA agar lebih berhati-hati memakai make up atau sejenisnya”, ungkap pemilik klinik BeQueen itu.

Tour de Medica merupakan penekanan dari acara ini yang menggambarkan kegiatan mahasiswa kedokteran selama masa kuliah. Sesi ini lebih berbentuk miniatur perkuliahan yang dirangkum dalam sehari mulai dari kuliah pakar, tutorial hingga praktikum. Kuliah pakar dalam sesi ini diwakilkan dengan Talkshow dan pemateri diibaratkan sebagai dosen pakar. Kemudian tutorial dilaksanakan di gedung Fakultas Kedokteran UII dan temanya sinergis dengan materi di kuliah pakar.

Praktikum merupakan sesi akhir dengan melibatkan dua departemen di FK UII yakni departemen Anatomy dan departemen Histology (Jaringan). “Dengan acara ini siswa SMA benar-benar melihat, benar-benar mendengar dan benar-benar mengenal kegiatan perkuliahan mahasiswa kedokteran, dan itu merupakan tujuan dari acara ini.” Tutur Ndilalah Pulungan sebagai ketua acara.

Selain kedua agenda di atas, Medical Expo juga menyajikan Food Festival dan pameran UKM yang ada di FK UII. Agenda ini merupakan hadiah untuk peserta yang sudah hadir dalam acara tersebut. Dalam Food Festival juga diselingi penampilan musik oleh bintang tamu Midsummer Mango dan Illona. Expo ini juga sekaligus menjadi penutupan dan pemberian penghargaan kepada peserta yang terpilih. (BKP)