,

Indonesia Next 2017 Tekankan Pentingnya Sertifikasi Profesi

Bekerjasama dengan Universitas Islam Indonesia, PT. Telkomsel kembali menggelar program “INDONESIA NEXT 2017”. Program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi persaingan global ini dilangsungkan di Auditorium Kahar Mudzakir pada Selasa (17/10). Indonesia Next yang merupakan salah satu program dari Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel mengambil tema “Get Ready to Be The Next”. Peserta diajak memahami pentingnya program sertifikasi dan mempersiapkan keahlian profesi dalam memnghadapi persaingan global yang lebih kompetitif.

Di samping workshop dan pemberian sertifikasi kompetensi, Indonesia Next dimulai dengan seminar berupa diskusi panel dan sharing session. Para tokoh yang diundang sebagai pembicara yaitu Hiro Wardhana (CEO Code Inc.), Harry Nugraha (Country Manager Intel Indonesia), Handry Santriago (CEO GE Indonesia) dan Trio Speaker, Bayu Oktara, Uli Herdinansyah, Hilbram Dunar.

”Telkomsel selalu hadir untuk berkontribusi positif dan aktif membangun negeri melalui acara Indonesia Next. Kami ingin mencari siapa yang akan menjadi future leader di Indonesia. Melalui program ini akan dilakukan proses sertifikasi berjenjang internasional”, kata Vice Presiden Sales and Marketing Area Jawa Bali Telkomsel, Ericson Sibagariang.

Ia melanjutkan, “Acara ini merupakan pengantar awal agar kalian (mahasiswa-red) dapat meloncat lebih tinggi lagi membangun negeri. Ini adalah tangung jawab kami untuk ikut berpartisipasi membangun dunia pendidikan”.

Peserta yang lulus dari ujian sertifikasi akan mendapatkan sertifikat keahlian sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Pada tahap akhir dari program ini akan disaring 30 perserta terbaik tingkat nasional yang berkesempatan dapat mengikuti magang di Telkomsel.  Kemudian, nantinya akan kembali dipilih lima peserta terbaik yang akan mendapatkan short course di beberapa perusahaan besar di Amerika Serikat dan Singapura.

Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH., LLM., M.Hum., Ph. D., menyampaikan apresiasinya dengan diselenggarakan acara ini. “Saya sangat mengapresiasi diselenggarakan acara ini karena merupakan acara edukasi yang diselenggarakan oleh Telkomsel untuk membantu para mahasiswa Indonesia meningkatkan kompetensinya melalui Sertifikasi dan Training” jelasnya.

Menurutnya, penyelenggaraan acara ini sejalan dengan visi misi dan program yang diselenggarakan UII yang telah memiliki prodi bersertifikasi internasional seperti Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Arsitektur, dan Akuntansi.

Ia juga mengingatkan, agar mahasiswa tidak hanya harus menguasai hard skill tapi juga soft skill serta kecerdasan emosional. “Sehingga diharapkan bukan hanya indeks prestasi yang tinggi tetapi juga dilengkapi keterampilan dan softskill karena itu akan menunjang karir di dunia kerja’’, pesannya. (MNA)