IFI Selenggarakan Seminar Fotografi di Kampus UII

Institut Prancis di Indonesia (IFI) selenggarakan seminar  fotografi dengan tema “The Art of Seeing”, bertempat di Ruang Audio Visual, Program Studi Ilmu Komunikasi UII, Senin (16/10, dengan pembicara Klavdij Sluban.

Klavdij merupakan salah satu fotografer Prancis ternama. Ia menaruh banyak perhatian terhadap kehidupan narapidana anak-anak di penjara-penjara Prancis dan negara-negara Timur. Dalam seminar ini Klavdij memaparkan tentang konsep pengurungan dan pengasingan melalui foto-foto yang ia abadikan saat mengunjungi di berbagai belahan dunia.

IFI sendiri merupakan hasil penggabungan bagian kerja sama dan kebudayaan (SCAC) Kedutaan Besar Prancis dan pusat-pusat kebudayaan Prancis (CCF) di Indonesia. IFI adalah badan yang melaksanakan seluruh aksi kerja sama budaya antara Prancis dan Indonesia.

Klavdij Sluban memaparkan terdapat dua tipe fotografer, yang pertama ada yang ditugaskan untuk mengambil foto tertentu lalu ia dibayar atas apa yang dilakukan. Sementara tipe yang kedua adalah tipe yang mengambil foto sesuai dengan keinginannya dan ditampilkan di media yang diinginkannya pula. Klavdij sendiri mengakui dirinya merupakan tipe yang kedua.

Klavdij menanggapi pertanyaan dari salah satu peserta seminar mengapa dirinya begitu tertarik dengan fotografi kehidupan di penjara anak-anak. Ia mengungkapkan hal ini didasari keinginannya melihat sisi lain dari penjara. Dalam benaknya ia bertanya kepada dirinya sendiri, siapa yang sebenarnya ada di penjara. “Apakah saya orang yang baik atau jutru sebaliknya,” ujarnya.

Setelah selesai sesi pemaparan oleh pembicara, acara seminar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang mana para peserta terlihat begitu antusias. Jalannya seminar ditutup dengan pemberian doorprize kepada peserta yang turut aktif berdiskusi, dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada pembicara. (MDP/RS)