,

BSI UII Gelar Workshop Pengembangan Eduroam di Indonesia

Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Badan Sitem Informasi (BSI) menyelenggarakan kegiatan workshop tentang FreeRADIUS dan Pengembangan Eduroam Indonesia, pada Selasa-Rabu (19-20/9), di Gedung Rektorat UII. Workshop ini bertujuan untuk membantu mempersiapkan universitas di Indonesia agar lebih mudah untuk bergabung dalam jejaring WiFi global yang bernama eduroam.

Disampaikan Wakil Kepala BSI UII, Dr. Mukhamad Andri Setiawan, jejaring eduroam memungkinkan para penggunanya yakni dosen, mahasiswa, dan staf universitas atau lembaga riset untuk mendapatkan akses wifi secara mudah dan gratis dari 12.000 institusi di dunia yang tersebar di 85 negara. “UII sendiri melalui BSI, sejak akhir bulan Maret 2017 telah resmi tergabung dalam layanan eduroam,” tuturnya.

Andri Setiawan menuturkan, UII bersama dengan ITB merupakan salah satu National Roaming Operator eduroam Indonesia yang memiliki tanggung jawab untuk menghubungkan eduroam di Indonesia dengan eduroam di seluruh dunia. Sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan dan mempercepat universitas di Indonesia untuk bergabung dengan jejaring eduroam, UII menyelenggarakan workshop tersebut.

Dengan adanya workshop ini seperti disampaikan Andri Setiawan, diharapkan universitas-universitas di Indonesia tidak mengalami kesulitan berarti sebelum bergabung dengan eduroam. Selain itu dalam penyelenggaraan workshop ini, UII juga mengundang Internet Service Provider, karena di berbagai tempat di dunia jejaring eduroam pun didukung oleh pemerintah setempat yang bekerjasama dengan ISP lokal.

”Jejaring eduroam tidak hanya tersedia di kampus dan lembaga riset, tapi juga di lokasi seperti bandara, rumah sakit, perpustakaan daerah, stasiun kereta api, dan transportasi publik,” paparnya.

Pada penyelenggaraan workshop FreeRADIUS dan pengembangan eduroam Indonesia yang digagas oleh BSI UII ini melibatkan kegiatan hands-on, di mana universitas-universitas serta ISP mengirimkan engineer dan kegiatan dilakukan dengan praktik langsung di kelas. Sementara hadir sebagai pemateri workshop Arran Cudbard-Bell dari network Free Radius Canada.