,

ROTOBUS (Route Display of The Bus) Solusi Masa Kini Terhadap Kurangnya Display Informasi Transjogja

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sektor transportasi menjadi salah satu elemen yang berperan penting dalam membantu dan menunjang kelancaran beraktivitas bagi para karyawan, pekerja kantoran, mahasiswa dan pelajar. Trans Jogja merupakan salah satu moda dari sarana dan prasarana transportasi publik tentunya harus memberikan fungsi yang optimal. Faktanya masih terdapat kesulitan dalam mendapatkan informasi mengenai keberadaan bus, segi waktu tunggu yang lama dan jarak tempuh yang panjang sehingga membuat penumpang merasa jenuh dalam menunggu datangnya bus. Hal tersebut menjadi tantangan intelektual untuk terus mengembangkan sistem layanan informasi transportasi publik.

Dilatar belakangi dari permasalahan tersebut, mahasiswa Universitas Islam Indonesia, Rofiq Nurdiansyah Teknik Industri, Musyarofah Teknik Industri, Ainurozaq Alif Ihsan Teknik Industri, Safira Alsana Teknik Industri, dan Jatmiko Jati Kusumo Teknik Elektro, yang dibimbing oleh Amarria Dila Sari S.T, M.Sc menciptakan alat yang bernama ROTOBUS (Route Display of The Bus). ROTOBUS merupakan display rute transjogja yang berbasis elektronik dan digital yang bisa menyelesaikan permasalahan itu semua.

Berbagai macam konsep sistem coba diterapkan sehingga pada akhirnya menemukan konsep yang menggabungkan antara software di HP, display di halte, dan display di bus. Ketiga display rute tersebut saling terintegrasi untuk mendapatkan data informasi yang disediakan pada masing-masing display. Sumber data ini terdapat pada bus yang berjalan sehingga bisa ditangkap oleh display di halte dan display di software. Jalannya alat ini menggunakan bantuan sensor GPS yang telah di setting sesuai dengan rute transjogja. Uji coba alat yang tim ROTOBUS lakukan menggunakan rute 1A yang diantaranya meliputi halte Terminal Prambanan, Bandara Adisucipto, UIN Sunan Kalijaga, Gramedia, Tugu, Staisun Tugu, Malioboro, Pasar Sentul, Gembiroloka, dan JEC.

Terdapat 3 jenis display rute di ROTOBUS yaitu display rute di halte, di bus, dan di hp (berupa software). Ketiga display rute tersebut saling terintegrasi yang dihubungkan dengan bantuan internet. Masing-masing display rute ini mempunyai fitur yang hampir sama, diantara fiturnya adalah terdapat peta rute transjogja, waktu sekarang (jam sekarang), waktu estimasi kedatangan, kecepatan, delay, halte transit, dan gambar alur rute 1A sehingga pengguna transjogja dapat dengan mudah mendapatkan informasi melalui display tersebut.